Baca Berita

Bupati Bintan Gandeng BPKP Kepri Tingkatkan Akuntabilitas Tata Kelola Pemerintah Daerah

Berita


BATAM - (05/10/2023) Bertempat di Ruang Rapat BPKP Provinsi Kepulauan Riau, Bupati Bintan Roby Kurniawan, S.P.W.K bersama Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith, S.IP didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Bintan Ronny Kartika, S.STP., M.M dan jajarannya melakukan kunjungan kerja dalam rangka penandatangan Nota Kesepakatan Peningkatan Tata Kelola Penyelenggaraan Pemerintah daerah dan Pemerintah Desa antara Pemerintah Kabupaten Bintan dengan BPKP Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau.

Bupati Bintan menyampaikan bahwa pihaknya selama ini sering meminta pendapat atas isu strategis kepada BPKP Kepri  sehingga merasa perlu menandatangani Nota Kesepakatan tersebut. Roby Kurniawan berharap agar BPKP dapat lebih intens mengawal tata kelola di Kabupaten Bintan. Bupati juga menyampaikan apresiasi BPKP Kepri yang telah menfasilitasi Siskeudes Online pada tahun 2023.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Kepri Kepala Perwakilan BPKP Kepri menyampaikan  apresiasi atas raihan berbagai prestasi Kabupaten Bintan antara lain predikat WTP 12 kali berturut-turut atas LKPD Kabupaten Bintan, skor MCP tahun 2023 yang meningkat, capaian level 3 maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP Kabupaten Bintan, serta Siskeudes online. Namun demikian Mardiyanto berpesan  Pemerintah Bintan perlu memperhatikan penanganan stunting yang prevalensinya masih di atas rata-rata nasional dan sektor kemiskinan yang di tahun 2022 meingkat tipis dibandingkan 2021.

Mardiyanto juga menyampaikan adanya potensi pendapatan yang dapat diperoleh pemerintah daerah dari stockpile bauksit yang saat ini belum ditentukan kepemilikannya sejak larangan ekspor bauksit dalam bentuk mentah, serta optimalisasi pemanfaatan aset daerah dengan bekerjasama dengan pihak swasta.  Atas hal tersebut  Robby Kurniawan menyampaikan rencana untuk terus berkoordinasi dengan Kementerian ESDM dan Kementerian Keuangan untuk menentukan status stockpile bauksit tersebut dan sedang berencana mengembangkan Pantai Duggong yang terlantar dengan pihak ketiga. Diharapkan BPKP Kepri dapat mengawal proses tersebut.

Kunjungan diakhiri penandatangan Nota Kesepakatan oleh Bupati Bintan dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau  dan pertukaran cindera mata disaksikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bintan dan jajarannya,  serta para Korwas Perwakilan BPKP Kepri.

Bagikan Postingan Ini:
© . Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan