Pelaksanaan Sinergi Penguatan Tata Kelola Pemerintah Daerah Melalui Monitoring Centre for Prevention (MCP) secara Daring

Plt. Bupati Bintan, Sekretaris Daerah dan Plt. Inspektur Kabupaten Bintan menghadiri kegiatan Pelaksanaan Sinergi Penguatan Tata Kelola Pemerintah Daerah melalui Monitoring Centre for Prevention (MCP) melalui video conference pada hari ini (31/08), Launching MCP ini sebagai bentuk sinergi penguatan tata kelola pemerintah daerah

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka optimalisasi implementasi perbaikan sistem tata kelola Pemerintah di Daerah melalui Monitoring Centre for Prevention (MCP), diperlukan kerjasama dengan instansi lain yaitu Kementerian Dalam Negeri dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

KPK dalam menerapkan sistem MCP ini telah memetakan delapan area intervensi pada pemda yang menjadi fokus pencegahan korupsi, Delapan fokus itu yakni perencanaan dan penganggaran APBD, pengadaan barang dan jasa, perizinan, pengawasan APIP, manajemen ASN, manajemen aset daerah, optimalisasi pajak daerah, dan tata kelola dana desa.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam sambutannya sangat menaruh perhatian dan antusias dengan MCP, Sejak MCP ada beberapa tahun lalu, telah digunakan Kemendagri untuk pembinaan internal. Oleh karena itu, menurut beliau, perlu penguatan pemahaman terhadap delapan area intervensi terutama indikator dan subindikator yang sangat dinamis sesuai dengan implementasi peraturan perundang-undangan yang ada. “Pemahaman rekan-rekan di daerah sangat beragam. Saya rasa perlu dilakukan pengembangan kapasitas MCP, khususnya untuk indikator dan subindikator yang relevan,” beliau juga menyampaikan, bahwa pengelolaan bersama MCP bertujuan untuk mendorong pemerintah daerah dapat melakukan transformasi nilai dan praktek pemerintahan daerah, sehingga tercipta tata kelola pemerintahan daerah yang baik.

Namun, secara umum indikator dan subindikator tersebut adalah yang terkait dengan tugas pengawasan Kemendagri untuk pemda meliputi delapan area intervensi yang ada di MCP.

Bagikan ke teman :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Baca Artikel Menarik Lainnya :